Hati-hati bila hubungan roda gigi persneling terlepas
Apabila hubungan roda gigi persneling terlepas maka berhati-hatilah dalam menjalankan
kendaraan. Biasanya terlepasnya hubungan antara roda-roda gigi persneling sering terjadi
pada waktu akselerasi, pengereman atau pedal gas dilepas dengan tiba-tiba. Apalagi getaran,
goncangan dan kondisi jalan yang buruk dapat memperparah keadaan. Berikut ini adalah
penyebab utama terlepasnya hubungan roda gigi persneling :
•
•
•
•
•
Keausan / kesalahan dalam penyetelan pada system pemindahan persneling.
Keausan / perubahan bentuk dari garpu pemindah roda gigi persneling.
Penguncian poros garpu pemindah persneling kurang sempurna.
Keausan pada gigi-gigi dari roda gigi persneling dan gerigi poros roda-roda gigi.
Terjadinya kerusakan pada bantalan-bantalan.
Tindakan yang perlu Anda lakukan saat mengemudi adalah : peganglah tangkai persneling
untuk mencegah terlepasnya hubungan roda gigi persneling dan persneling tidak pindah ke
posisi netral. Untuk itu jangan tunda lagi untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel
langganan.
Gejala-gejalanya dapat dirasakan dengan melakukan pengujian
Kopling yang selip tidak dapat diketahui dengan mudah apalagi pada waktu masih dalam tahap
permulaan. Namun demikian, gejala-gejalanya dapat dirasakan dengan melakukan pengujian
seperti berikut ini :
1. Pasanglah rem parkir, kemudian start mesin kendaraan.
2. Pijaklah pedal kopling, masukkan persneling pada gigi satu atau dua. Lalu
naikkan putaran mesin dengan memijak pedal gas namun pedal kopling tetap
masih diinjak.
3. Kemudian lepaskan pedal kopling perlahan–lahan. Rasakanlah apabila
ternyata putaran mesin tidak berubah atau malah berkurang bahkan mesin
cenderung mati maka dapat dipastikan bahwa kopling mengalami selip.
4. Disamping itu gejala selip kopling akan disertai dengan tanda-tanda lain
yaitu : mesin tidak dapat menghasilkan daya penuh, bahan bakar cepat habis,
mesin cepat panas, sesekali tercium bau benda terbakar di sekitar kopling.
5. Jika mobil Anda mengalai gejala-gejala tersebut , segera lakukan perbaikan
ke bengkel.
Bersih dan Rapi Saat Mereparasi Mobil
Perhatikan kebersihan dan kerapihan garasi Anda
Mobil pribadi ibarat sahabat setia bagi pemiliknya. Sehingga tak jarang, banyak pemilik
kendaraan pribadi yang memilih meluangkan waktu di garasi rumahnya untuk melakukan
pekerjaan reparasi maupun service ringan bagi mobilnya tanpa harus pergi ke bengkel. Untuk
itu kebersihan & kerapian garasi sebagai tempat kerja Anda juga perlu diperhatikan seperti
berikut :
1. Sebelum memulai pekerjaan persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang Anda
butuhkan dengan rapi dan lengkap. Gunakan sarung tangan dan tatakan baju
agar tidak kotor oleh tumpahan minyak / oli. Jika Anda bekerja di bawah
kendaraan gunakan alas untuk badan.
2. Tempatkan peralatan dan bagian-bagian yang akan dilepaskan pada tempat
tersendiri sehingga tidak berceceran dan hilang saat Anda membutuhkannya.
3. Selama melakukan pekerjaan perhatikan selalu kebersihan , waspadai
tumpahan cairan dan noda seperti :
•
•
Tetesan noda oli dan bahan bakar harus langsung dibersihkan dengan
kain lap
Tetesan cairan rem dapat merusak lapisan cat mobil dan lantai untuk
itu harus langsung dibilas dengan air.
4. Apabila melakukan pekerjaan di dalam mobil perhatikan hal berikut :
•
•
•
Pasang lapisan pelindung pada kursi kendaraan agar tidak kotor.
Bila tangan Anda kotor, cucilah terlebih dahulu agar tidak mengotori
bagian dalam mobil.
Bila pakaian Anda kotor, kenakan alas pada baju agar kotorannya
tidak ikut menempel pada bagian dalam mobil.
5. Setelah melakukan pekerjaan jangan lupa membersihkan bekas-bekas
kotoran yang menempel pada bodi kendaraan dengan kain lap dan air sabun.
Perhatikan bagian pada pegangan pintu, kemudi, tuas rem tangan, tangkai
transmisi, dan bagian-bagian kendaraan lain yang terpegang oleh tangan Anda
yang kotor. Jika perlu cuci saja kendaraan Anda secara keseluruhan.
Gejala Kebocoran Arus Pada Aki
Aki kendaraan akan kehabisan muatannya apabila terdapat kebocoran arus
Aki kendaraan akan kehabisan muatannya apabila terdapat kebocoran arus. Hal itu bisa
terjadi karena adanya korsleting atau karena sebab-sebab lain sehingga aki seolah-olah tidak
dapat dimuati arus. Akibatnya mobil tidak dapat distarter atau lebih parah lagi mogok di
perjalanan. Untuk mengetahui adanya kebocoran arus pada aki , bisa Anda ketahui dengan
cara sbb :
•
•
•
•
Matikan semua tombol-tombol listrik yang ada di mobil ke posisi off demikian juga
dengan kunci kontak penyalaan putarlah ke posisi off .
Bukalah terminal pada pol aki yang tersambung pada badan mesin. Kemudian
sentuhkanlah terminal tersebut pada pol aki tersebut.
Amatilah apakah terlihat adanya loncatan-loncatan listrik pada bagian-bagian yang
disentuhkan. Jika ya itu berarti menunjukkan terjadinya korsleting pada aki.
Segera bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.
Ceklah Pelumas Di Pagi Hari
Dari warna dan kandungan pelumas kita bisa mengetahui kondisi mesin
Pemeriksaan pelumas sangat penting untuk mengetahui apakah pelumas tersebut dalam
kondisi masih baik atau sudah perlu diganti. Dari warna dan kandungan pelumas kita bisa
mengetahui kondisi mesin. Lakukan pemeriksaan pada pagi hari karena di pagi hari mesin
dalam keadaan dingin dan pelumas masih belum naik ke permukaan. Lakukan dengan cara
menarik tongkat pelumas (oil dipstick) dari blok mesin dan amati warna dan kondisi pelumas
yang menempel sbb :
•
•
Warna kuning keemasan atau warna yang sama dengan warna awal saat pelumas
dituangkan itu berarti kondisi pelumas masih baik dan mesin dalam keadaan oke.
Warna kehitaman-hitaman dan terasa encer itu pertanda pelumas sudah saatnya
diganti dengan yang baru, sebab akumulasi kotoran dan debu sudah mulai banyak dan
jumlahnya meningkat. Sebelum menggantinya ada baiknya Anda cek ke kartu km
pelumas apakah memang sudah waktunya untuk diganti karena jika belum waktunya
itu berarti mesin banyak mengandung karbon dan bisa jadi ada hal yang tidak beres.
Segera cek ke bengkel.
Warna coklat susu, keputih-putihan atau mirip dengan emulsi ditambah sedikit
berbusa itu berarti terjadi kebocoran dari paking kepala silinder. Hal ini menyebabkan
adanya campuran air di dalam pelumas. Bisa jadi air tersebut berasal dari luar yang
masuk ke dalam bak pelumas melalui celah mesin. Penyebab lain mungkin dari
kebocoran cairan pendingin. Jika sudah begini kondisinya, mesin sebaiknya diperbaiki
karena kalau pemakainya masih diteruskan dapat meningkatkan kerusakan.
Pelumas mengandung partikel logam seperti serbuk besi kemungkinan ada sesuatu
yang patah pada mesin sehingga terjadi gesekan logam. Jika dibiarkan akan
membahayakan karena gesekan logam tadi bisa menimbulkan serbuk logam dan lama-
kelamaan bercampur dengan pelumas dan masuk ke bak oli. Segera cek mesin ke
bengkel.
•
•
Berhatilah-hatilah Saat Mereparasi Kendaraan
Keamanan & keselamatan saat Anda melakukan pekerjaan juga tidak boleh diabaikan
Bukan hanya kebersihan & kerapian saja yang perlu diperhatikan apabila Anda melakukan
pekerjaan service ringan atau reparasi mobil di garasi rumah Anda. Namun keamanan &
keselamatan saat Anda melakukan pekerjaan juga tidak boleh diabaikan. Apa sajakah itu ?
• Sebelum bekerja di bawah mobil, periksalah terlebih dahulu kedudukan
mobil pada tripod stand dengan cara menggoyang-goyangkannya. Saat Anda
bekerja di bawah mobil yang terangkat gunakanlah dongkrak dan penyangga
yang kokoh untuk menahan mobil Anda.
• Saat Anda membersihkan bagian kendaraan dengan menggunakan air
pressure (tekanan udara), jangan mempermainkan tekanan udara dengan
mengarahkan ke badan Anda atau badan orang lain. Hal itu dapat
menyebabkan kecelakaan dan dapat berakibat kematian.
• Berhati-hatilah dengan cairan-cairan yang menetes pada saat melakukan
pekerjaan seperti cairan yang mudah terbakar (bensin, solar, thiner, oli) dan
cairan minyak rem / timah hitam. Untuk itu jangan merokok saat bekerja dan
hindari penyalaan melalui bunga api dari sistem pengapian, hubungan pendek
pada listrik dan pengelasan serta apabila Anda terkena cairan rem / timah
hitam, segeralah bersihkan tangan Anda.
• Saat membuka radiator dalam keadaan motor sedang panas, lakukan dengan
pelan-pelan dan hati-hati. Lindungilah tangan dengan kain lap karena air
pendingin pada radiator dapat menyemprot ke luar.
• Lindungilah mata Anda dengan kacamata pelindung saat Anda melakukan
pekerjaan menggerinda, mengebor, mengelas atau melakukan pekerjaan
dengan menggunakan elektrolit baterai / air keras. Elektrolit baterai adalah
campuran air dengan asam belerang. Jagalah mata Anda dari air keras
tersebut. Apabila baju Anda terkena air keras harus langsung dibilas dengan
air sabun agar tidak rusak.
• Berhati-hatilah dengan zat-zat yang berbahaya dan beracun. Aturlah
ventilasi udara dengan baik sewaktu mobil dihidupkan. Bukalah pintu dan
jendela agar sirkulasi udara lancar.
• Saat membersihkan rem , hindari menggunakan udara tekan sebaiknya
gunakan air. Hal itu karena benang / debu asbes pada kanvas rem dan kanvas
kopling dapat merusak paru-paru.
Cek Pelumas di Pagi Hari
Ketahui kondisi mesin dari warna dan kandungan pelumas
Pemeriksaan pelumas sangat penting untuk mengetahui apakah pelumas tersebut dalam
kondisi masih baik atau sudah perlu diganti. Dari warna dan kandungan pelumas kita bisa
mengetahui kondisi mesin. Lakukan pemeriksaan pada pagi hari karena di pagi hari mesin
dalam keadaan dingin dan pelumas masih belum naik ke permukaan. Lakukan dengan cara
menarik tongkat pelumas (oil dipstick) dari blok mesin dan amati warna dan kondisi pelumas
yang menempel sbb :
•
•
Warna kuning keemasan atau warna yang sama dengan warna awal saat pelumas
dituangkan itu berarti kondisi pelumas masih baik dan mesin dalam keadaan oke.
Warna kehitaman-hitaman dan terasa encer itu pertanda pelumas sudah saatnya
diganti dengan yang baru, sebab akumulasi kotoran dan debu sudah mulai banyak dan
jumlahnya meningkat. Sebelum menggantinya ada baiknya Anda cek ke kartu km
pelumas apakah memang sudah waktunya untuk diganti karena jika belum waktunya
itu berarti mesin banyak mengandung karbon dan bisa jadi ada hal yang tidak beres.
Segera cek ke bengkel.
Warna coklat susu, keputih-putihan atau mirip dengan emulsi ditambah sedikit
berbusa itu berarti terjadi kebocoran dari paking kepala silinder. Hal ini menyebabkan
adanya campuran air di dalam pelumas. Bisa jadi air tersebut berasal dari luar yang
masuk ke dalam bak pelumas melalui celah mesin. Penyebab lain mungkin dari
kebocoran cairan pendingin. Jika sudah begini kondisinya, mesin sebaiknya diperbaiki
karena kalau pemakainya masih diteruskan dapat meningkatkan kerusakan.
Pelumas mengandung partikel logam seperti serbuk besi kemungkinan ada sesuatu
yang patah pada mesin sehingga terjadi gesekan logam. Jika dibiarkan akan
membahayakan karena gesekan logam tadi bisa menimbulkan serbuk logam dan lama-
kelamaan bercampur dengan pelumas dan masuk ke bak oli. Segera cek mesin ke
bengkel.
•
•
Membersihkan Aki Dari Kotoran
Bersihkan aki dari kotoran agar kerja aki menjadi lancar
Aki yang terawat tak hanya membuat mobil Anda lancar namun dapat membantu
memperpanjang usia aki. Salah satu cara untuk perawatan aki adalah membersihkannya dari
kotoran sehingga kerja aki menjadi lancar. Apa saja yang harus dibersihkan ?
a. Periksalah bagian luar aki, klem aki serta pull aki. Bagian–bagian aki ini
harus bersih dari kotoran minyak, debu atau sisa penguapan air aki yang
mengandung asam. Kotoran ini bisa menyumbat aliran aki sehingga
menyebabkan peralatan listrik mobil tidak bekerja dengan baik.
b. Perhatikan terminal aki yang bertanda + dan – apakah ada sisa oksidasi
yang berwarna putih. Kotoran ini dapat mengakibatkan arus aki tidak tersalur
sepenuhnya ke starter mobil.
c. Bersihkan terminal aki dengan amplas. Untuk klem aki berilah sedikit
vaselin.
Perawatan Sistem Injeksi
Agar mobil tidak mudah mogok, lakukan perawatan pada system injeksinya
Ada kalanya mobil mogok disebabkan karena sistem injeksi bekerja tidak normal. Mungkin
salah satu komponennya mengalami gangguan / kerusakan. Untuk itu servis rutin sistem
injeksi setiap 5.000 km kudu dilakoni. Disamping itu perawatan yang dilakukan pada system
injeksi akan menentukan kinerja mobil itu sendiri. Komponen apa saja yang perlu diservise ? :
• Saringan bensin
Komponen ini terdapat di ruang mesin dan terbuat dari logam. Saringan
bensin yang kotor sebaiknya dibersihkan dengan bantuan angin bertekanan
tinggi. Namun jika terlalu kotor sebaiknya ganti dengan yang baru. Karena
jika dibiarkan saja dapat terjadi kerusakan yang merembet ke pompa bensin
ditandai dengan timbulnya suara berisik yang bernada tidak stabil.
• Saringan udara
Mengingat fungsinya untuk menyaring kotoran dan debu dari udara , sehingga
memberi kesempatan udara masuk lebih banyak ke ruang bakar.
Terhambatnya udara akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan
memboroskan bahan bakar. Karena berfungsi sebagai penyaring, tentu saja
saringan udara ini harus bersih dari kotoran.
• Throttle Body
Komponen ini juga rentan terhadap kotoran. Akibatnya tarikan menjadi
kurang responsive. Jika kotoran sudah menumpuk di bagian yang bernama
throttle position sensor maka bisa menyebabkan putaran mesin menjadi
pincang dalam keadaan stationer. Kebersihan throttle body berhubungan
dengan kebersihan saringan udara karena sumber kotoran berasal dari udara
yang terisap ke ruang bakar.
• Nosel Injektor
Lubang nosel yang kecil ukurannya dapat juga tersumbat kotoran / kerak.
Sehingga semprotan bensin jadi kacau dan debitnya menjadi berkurang. Hal
itu berakibat putaran mesin menjadi pincang dan tarikannya payah.
• Penyetelan CO
Lakukan penyetelan ulang di system pasokan bensin, udara dan pengapian.
Gunakan pengukuran CO untuk mengetahui proses pembakaran di mesin
apakah sudah efisien atau belum. Idealnya nilai CO harus di bawah 1%.
(IPR2004)
Ban Untuk Hadapi Musim Hujan
Periksa keadaan ban untuk menghadapi jalan yang basah dan licin
Musim hujan membuat jalan raya yang Anda lalui hampir tiap hari dalam keadaan basah.
Sehingga membuat jalan beraspal itu menjadi licin. Jika tidak ekstra hati-hati dalam
mengemudi bisa berbahaya. Disamping itu untuk menghadapi jalan yang basah dan licin ban
harus dalam kondisi yang ok dan karakteristiknya harus cocok dengan kondisi jalan. Periksa
keadaan ban mulai dari :
• Tekanan anginnya apakah sudah sesuai dengan petunjuk dari pabrik. Jangan
lupa memasang penutup pentil untuk mencegah kebocoran angin pada ban.
• Ketebalan kembangan telapak ban apakah sudah aus. Jika sudah terlalu
gundul gantilah dengan yang baru.
• Keausan ban bisa dilihat dari tread wear indicator yang ada pada ban
tersebut.
• Periksa apakah karakteristik jenis ban yang Anda gunakan sesuai dengan
kondisi di musim hujan. Untuk menghadapi kondisi jalan yang basah dan licin
sebaiknya menggunakan jenis ban basah.
• Karakter ban basah memiliki kemampuan membuang air lebih cepat dan
baik karena didesain dengan telapak membelah dari tengah ke pinggir dengan
aliran membuang ke samping.
Waspadai Bau Oli Terbakar
Penyebab terciumnya bau oli yang terbakar
Salah satu pertanda terjadinya kerusakan pada salah satu komponen kendaraan adalah
terciumnya sesuatu yang terbakar. Contohnya seperti bau oli yang terbakar. Bau tersebut
biasanya muncul pada saat kendaraan melaju dengan kecepatan tertentu. Apa penyebab bau
oli terbakar?
• Jika Anda mengalaminya segera buka kaca jendela agar sirkulasi udara
dalam kabin tetap lancar.
• Penyebab oli terbakar adalah kebocoran pada pipa knalpot. Sebaiknya bawa
mobil Anda segera ke bengkel knalpot untuk memperbaiki kerusakan.
• Penyebab lain adalah kurangnya jumlah oli dalam mesin atau transmisi.
Adanya kekurangan jumlah pelumas tersebut menyebabkan tekanan kerja
semakin tinggi dan sebagian oli menguap. Oli yang menguap tersebutlah yang
menimbulkan bau seperti oli yang terbakar.
Mengapa Busi Tidak Mengeluarkan Bunga Api
Busi yang tidak mengeluarkan bunga api ibarat korek api yang tidak mengeluarkan api
Busi yang tidak mengeluarkan bunga api ibarat korek api yang tidak mengeluarkan api. Hal itu
bisa menyebabkan mesin tidak bisa hidup. Mengapa bisa terjadi ? Segera periksa kondisi busi :
• Periksa elektroda busi apakah terdapat kerak-kerak kotoran yang
menempel. Elektroda busi yang tertutup oleh kerak kerak kotoran akan
menyebabkan aliran listrik terhalang. Akibatnya busi tidak mengeluarkan
bunga api.
• Periksa celah busi. Celah elektroda busi yang menyambung sehingga tidak
ada celah lagi , periksa pula apakah celah platina dalam keadaan kotor.
Kedua hal itu bisa menyebabkan busi juga tidak mengeluarkan api.
• Periksa apakah koil mati bisa karena sudag usang atau terbakar.
Melihat Kondisi Mesin Dari Warna Oli
Sebelum mengisi oli yang baru perhatikan dengan baik warnanya
Mencermati warna oli dapat membantu kita untuk sekaligus mengetahui kondisi kesehatan
mesin kendaraan. Caranya dengan mengenali warna pelumas, sebelum mengisi oli yang baru
perhatikan dengan baik warnanya. Setiap pelumas mempunyai system tersendiri dalam hal
pewarnaan barang buatannya.
• Untuk mengetahui kondisi pelumas, tarik atau cabut tongkat pelumas (oil
dipstick). Jika warnanya sama dengan warna awal, berarti kondisi pelumas
masih baik.
• Jika warnanya telah berubah menjadi kehitaman dan terasa berpasir itu
pertanda sudah memerlukan penggantian, sebab akumulasi kotoran dan debu
sudah mulai banyak dan jumlahnya meningkat. Hal itu terjadi karena mesin
yang kotor atau pembakaran yang kurang sempurna.
• Jika warnanya seperti coklat susu alias keputih-putihan atau mirip dengan
emulsi. Perlu diwaspadai karena ini menunjukkan adanya campuran air di
dalam pelumas. Bisa jadi itu air dari luar yang masuk ke dalam bak pelumas
melalui celah mesin. Penyebab lain mungkin dari kebocoran cairan pendingin.
Segera bawa ke bengkel untuk diperiksa secara teliti karena kondisi ini sangat
berbahaya bagi mesin. (IPR2004)
Tips Memeriksa Saat Penyalaan
Lazimnya dilakukan di bengkel, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba
Pemeriksaan saat penyalaan lazim dilakukan di bengkel dengan bantuan alat pemeriksa yang
bernama timming light agar hasilnya lebih teliti. Namun, jika Anda ingin mencoba
memeriksanya sendiri, tidak ada salahnya Anda coba cara berikut ini :
Jalankan kendaraan di atas jalan datar dengan kecepatan 20 – 40 km/jam. Kemudian pijaklah
pedal gas dengan tiba-tiba sampai penuh. Lalu perhatikan:
1. Apakah mesin berdetonasi (terjadi getaran suara pada mesin) untuk
beberapa saat namun kemudian mesin bekerja dengan normal kembali. Jika
ya , hal itu berarti saat penyalaan mobil Anda sudah tepat.
2. Apakah mesin tidak berdetonasi. Jika ya, hal itu menunjukkan bahwa saat
penyalaan terjadi terlalu dini/cepat
3. Apakah mesin berdetonasi cukup keras dan lama. Jika ya, hal itu
menunjukkan bahwa saat penyalaan terjadi terlalu lambat.
Tanda–tanda Rem Mengalami Kerusakan
Jika rem tidak berfungsi dengan baik, keselamatan Anda menjadi taruhannya
Komponen kendaraan yang bernama rem ini sangat vital kegunaannya yaitu untuk menahan
laju ban/roda agar lebih lambat bahkan berhenti sama sekali. Jika rem tidak berfungsi dengan
baik, maka keselamatan Anda menjadi taruhannya.
• Rem yang mengalami gangguan atau kerusakan biasanya ditandai dengan
tidak berfungsinya kerja rem dengan baik.
• Saat pedal rem diinjak secara penuh, jarak antara pedal rem dan lantai
kabin terlalu pendek sehingga pedal rem harus diinjak berulang-ulang seperti
gerakan memompa agar berfungsi sebagaimana biasanya.
• Saat pedal rem diinjak, rem tidak berfungsi bahkan saat diusahakan diinjak
berulang-ulang seperti gerakan memompa tetap saja rem tidak berfungsi.
Keadaan ini biasa disebut rem dalam keadaan blong.
• Kedua kondisi di atas sangat berbahaya bagi keselamatan. Dalam keadaan
begini kendaraan sebaiknya dijalankan dengan kecepatan rendah dan jaga
jarak dengan kendaraan lain. Segera hentikan kendaraan dan menepi dengan
hati-hati sampai Anda mendapat pertolongan untuk membawa mobil Anda ke
bengkel.
Menyelaraskan Roda-Roda Kendaraan
Selaraskan roda-roda kendaraan agar tidak menyebabkan penurunan jarak tempuh
Setiap mobil dirancang agar roda-rodanya berjalan dengan selaras dan dengan arah yang
sama. Untuk itulah roda-roda kendaraan harus memenuhi batas toleransi sudut-sudut
penyetelan roda. Jika tidak maka roda akan mengalami keausan yang tidak merata sehingga
bisa membuat resiko tidak aman dikemudikan dan menyebabkan penurunan jarak tempuh
kendaraan. Apa saja yang perlu diselaraskan ?
a) Toe / sudut jari : yaitu sudut antara garis-garis tengah roda pada posisi tampak atas
kendaraan. Sudut jari yang ideal pada saat mobil berjalan adalah nol atau roda-roda mobil
dalam posisi paralel. Sudut jari makin besar akan mengakibatkan ban semakin aus. Terbagi
menjadi :
- Toe In : sisi depan dua roda sedikit lebih dekat satu sama lain dari bagian
bawah atau belakang roda.
- Toe Out : sisi depan roda terpisah lebih jauh dari sisi belakang
b) Caster : adalah sudut antara sumbu pengarah (garis yang melalui join-join bola) dengan
garis tengah vertikal roda, sebelah depan dan belakang. Fungsinya :
- Menjaga stabilitas dan pengendalian arah kendaraan (sudut caster positif).
- Meningkatkan kemampuan roda untuk balik ke posisi semula setelah belok
(arah lurus).
- Mengurangi usaha untuk pengarahan kendaraan.
c) Camber : adalah sudut keausan ban. Pada saat tidak ada beban pada kendaraan maka sudut
camber nya adalah positif, sebaliknya jika ada beban maka sudut cambernya adalah nol.
Sudut camber akan berubah-ubah tergantung kondisi jalan dan belokan. Jika terdapat sudut
camber positif dan negatif akan mengakibatkan keausan ban tidak seragam dan cepat.
d) Sudut belok : adalah perbedaan sudut antara garis roda belakang (garis yang melalui pusat-
pusat belakang roda), dan roda-depan sebelah luar dan sebelah - dalam pada saat kendaraan
berbelok. Variasi sudut belok tidak boleh melebihi 1,5 derajat dari spesifikasinya.
e) Tinggi suspensi : Jarak antara beberapa titik spesifik dari rangka, bodi, dan sistem suspensi
terhadap jalan.
f) Steering axis inclination / inklinasi sumbu pengarah : adalah busur tempat ayunan
pergerakan roda depan akibat pengarahan kendaraan atau sudut antara sumbu pengarahan
dengan garis tengah roda. Fungsinya :
- Menjamin kestabilan kendaraan dan membuat setir yang diputar saat
berbelok kembali ke posisi semula.
- Mengurangi keausan ban.
- Menjaga roda depan tetap lurus saat berputar.
Mengapa Alternator Bersuara Berisik
Alternator bersuara berisik, pertanda ada komponen yang rusak
Alternator pada mobil berfungsi untuk menghasilkan energi listrik dari putaran mesin. Energi
listrik yang dihasilkan digunakan untuk mengisi energi dalam aki dan digunakan untuk
peralatan kelistrikan lainnya. Jika alternator bersuara berisik, hal itu pertanda ada komponen
yang rusak dan mungkin memerlukan penggantian. Apa penyebab alternator bersuara berisik ?
- Belt alternator yang menghubungkan poros alternator dengan poros mesin dalam keadaan
kendor atau bahkan sudah aus sehingga perlu diganti.
- Puli alternator dalam kondisi sudah bengkok dan itu berarti harus diganti.
- Baut dudukan alternator dalam keadaan kendor sehingga perlu dikencangkan. Baut dudukan
tersebut harus dapat berdefleksi sekitar 5-10 mm.
- Bearing alternator sudah aus atau bahkan alternatornya memang sudah rusak sehingga harus
segera diganti yang baru.
Penyebab Rem Tidak Berfungsi Dengan Baik
Minyak rem yang sudah kotor juga dapat menyebabkan fungsi kerja rem menurun
Apabila Anda merasakan pedal rem ketika diinjak sudah tidak berfungsi dengan baik seperti
biasanya itu berarti ada hal yang tidak beres. Keadaan apa saja yang bisa mengurangi fungsi
kerja rem ?
1. Minyak rem sudah kotor / perlu ditambah
Periksalah jumlah minyak rem apakah berkurang. Minyak rem yang sudah
berwarna hitam dan kotor juga perlu diganti. Segera kunjungi bengkel untuk
mengganti minyak rem dan sekaligus membersihkan silinder utama, silinder
roda dan saluran-saluran disekitarnya
2. Terjadi kebocoran pada beberapa bagian seperti :
o Kebocoran minyak rem karena pipa-pipa minyak rem dan
sambungan-sambungan pipa terdapat lubang.
o Kebocoran pada tutup silinder rem.
o Kebocoran pada silinder utama dari system rem.
3. Apabila terjadi kebocoran bisa menyebabkan udara masuk ke saluran dan
menyebabkan timbulnya gelembung udara di dalam saluran minyak rem. Hal
ini bisa menyebabkan keadaan dimana pedal rem menjadi kenyal saat diinjak
sehingga rem tidak berfungsi dengan baik..
4. Terjadi keausan yang mengakibatkan jarak bebas antara bidang rem dan
selubung rem bertambah besar sehingga jarak antara lantai kabin dan pedal
rem pada saat diinjak terlalu sempit. Hal ini bisa menyebabkan rem tidak
berfungsi dengan baik.
Bila Lampu dan Sekering Sering Putus
Sistem kelistrikan sangat penting dalam fungsi suatu kendaraan berjalan
Sistem kelistrikan sangat penting dalam fungsi suatu kendaraan berjalan. Jika lampu dan
sekering seringkali putus tentu saja hal itu akan sangat mengganggu. Segera lakukan
pemeriksaan berikut :
1. Periksa hubungan kabel-kabel terhadap ground apakah ada yang terkelupas atau rusak.
Segera perbaiki dan ganti.
2. Periksa kondisi alternator, jika alternator rusak maka aliran listrik ke aki/batere akan
terganggu. Makanya lampu dan sekring bisa putus tiba-tiba.
3. Periksa juga kondisi aki/batere. Mungkin sudah waktunya diganti atau batere tidak
berfungsi secara maksimal sehingga tidak dapat mengalirkan listrik ke seluruh komponen
kelistrikan lainnya dalam kendaraan.
Trik Darurat Bila Rem Parkir Rusak
Waspada saat memarkir kendaraan di jalanan yang menanjak maupun menurun
Jika rem parkir pada mobil Anda sedang dalam kondisi rusak, maka Anda perlu waspada saat
memarkir kendaraan di jalanan yang menanjak maupun menurun. Untuk itu Anda perlu trik
saat parkir dalam kondisi jalan seperti itu seperti berikut ini :
1. Saat memarkir kendaraan pasanglah ganjalan pada roda-roda depan dan
belakang. Ganjalan tersebut harus cukup berat / kokoh menahan mobil
seperti balok kayu atau batu besar. Kemudian masukkan persneling sesuai
kondisi jalan :
•
•
Apabila kendaraan diparkir di atas jalan yang
menurun, masukkan pada persnelling mundur.
Apabila kendaraan diparkir di atas jalan yang
mendaki, masukkan pada persnelling satu.
2. Apabila anda akan menjalankan kendaraan yang semula berhenti di atas
jalan yang mendaki cobalah cara berikut ini :
•
Sebelum kendaraan dijalankan injaklah pedal rem dan
gas sekaligus, yaitu pedal gas dengan mempergunakan
tumit dan meminjak pedal rem dengan ujung kaki
kanan.
Tetapi apabila anda belum dapat melaksanakannya,
terlebih dahulu pasanglah ganjal pada roda-roda
belakang, sebelum kendaraan dijalankan.
•
Trik Darurat Kemacetan Roda Gigi
Tindakan darurat perlu dilakukan sebelum mobil dibawa ke bengkel
Mobil dengan system transmisi manual kadangkala mengalami gangguan pada proses
pemindahan persneling. Pemindahan persneling yang dilakukan dengan kasar dan tergesa gesa
sebelum kopling benar-benar terlepas akan menyebabkan tuas pemindah roda gigi persneling
dipaksa bergeser dan bergerak sendirian sehingga bisa menyebabkan kerusakan system batang
pemindah persneling akibatnya terjadi kemacetan roda gigi. Jika hal itu terjadi pada mobil
anda tindakan darurat perlu dilakukan sebelum mobil dibawa ke bengkel seperti berikut ini :
• Perhatikan dalam ruang mesin di tuas–tuas pemindah persneling pada kolom setir. Jika
terjadi kemacetan roda gigi akan terlihat bahwa tuas–tuas yang terdapat pada kolom setir
tersebut tidak pada kedudukan yang sama.
• Tariklah atau doronglah salah satu dari tuas–tuas persneling itu sehingga terjadi keadaan
posisi tuas-tuas tersebut berada pada kedudukan yang sama. Sehingga persneling akan
kembali pada posisi netral dan untuk sementara mobil dalam kondisi yang aman.
• Segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa system pemindah persnelingnya lebih lanjut
dan dilakukan perbaikan.
Akibat Saat Penyalaan Yang Kurang Tepat
Hati-hati, saat penyalaan yang kurang tepat dapat menimbulkan masalah pada mesin
Penyetelan saat penyalaan harus dilakukan dengan tepat. Saat penyalaan yang kurang tepat
akan menimbulkan gejala-gejala seperti berikut ini :
• Saat penyalaan terlalu cepat.
Jika saat penyalaan terjadi terlalu cepat mungkin akan terjadi pembakaran pada manifold
pemasukan karena masih ada sisa campuran bahan bakar udara yang tidak masuk ke ruang
bakar. Tanda-tanda yang timbul antara lain : saat mesin distarter, maka akan terjadi letupan
atau detonasi, penurunan daya. Mesin juga akan mengalami overheating saat mesin bekerja
atau bahkan mesin dapat mati dengan tiba-tiba.
• Saat penyalaan terlalu lambat.
Jika saat penyalaan terlalu lambat akan ada sebagian campuran bahan bakar dan udara yang
belum terbakar sempurna dan meletup di manifold / pembuangan. Tanda-tanda yang timbul
yaitu daya mesin akan berkurang, boros bahan bakar, dan mesin juga bisa mengalami
kepanasan / overheating.
Getaran Pada Setir Saat Kendaraan Berjalan
Temukan penyebab getaran-getaran pada setir yang mengganggu
Bila Anda sedang mengemudikan kendaraan, namun terjadi getara-getaran pada setir tentu
saja sangat mengganggu konsentrasi mengemudi. Mengapa sampai terjadi getaran-getaran
yang mengganggu tersebut ? Segera periksa komponen berikut :
1. Periksa keadaan ban :
a. apakah terjadi keausan pada ban sehingga menyebabkan
tonjolan kembangan yang tidak sama. Segera ganti ban
dengan yang baru.
b. apakah ban dalam keadaan tidak seimbang. Lakukan
balancing ke bengkel kepercayaan Anda.
c. apakah tekanan ban dalam keadaan kurang atau tidak
sama. Jika ya maka harus segera disesuaikan dengan tekanan
ban yang sesuai.
2. Periksa apakah batang penghubung dalam keadaan longgar. Lakukan
penyetelan atau gantilah batang-batang penghubung yang sudah aus.
3. Periksa apakah ball joint dalam keadaan longgar. Kencangkan dengan baut
atau jika sudah aus segera ganti ball joint dengan yang baru.
4. Periksa apakah terjadi kelonggaran pada bagian system roda-gigi pengarah.
Lakukan penyetelan ulang dan gantilah jika ada komponen yang aus.
Mengapa Setir Sukar Digerakkan
Waspadai kerusakan pada setir atau sistem kemudi
Sistem kemudi atau setir mempunyai peran yang sangat penting dalam mengemudi. Jika
terjadi kelainan dan kerusakan apapun bentuknya maka perlu diwaspadai. Salah satunya pada
waktu kendaraan sedang dijalankan, setir sukar digerakkan alias terlalu berat untuk
digerakkan. Anda perlu mengetahui penyebabnya sekaligus melakukan pemeriksaan untuk
mengetahui dimana letak kerusakannya :
1. Periksa bagian ban depan :
• Apakah tekanan ban depan terlalu rendah
• Apakah kelurusan roda depan kurang tepat
2. Periksalah apakah terjadi kekurangan minyak pelumas dalam bak roda gigi setir atau
kekurangan gemuk pada sambungan – sambungan batang setir atau bantalan-bantalan roda
depan.
• Dongkraklah kendaraan sedemikian rupa sehingga kedua roda depan dalam
keadaan menggantung.
• Periksalah apakah sambungan-sambungan dan sekrup-sekrup dari system
kemudi cukup kokoh. Bagian-bagian yang perlu diperiksa adalah ball joints /
suspensi depan, ujung dan pangkal batang pengikat (tie rod).
• Cara mengecek kerusakannya Anda perlu dibantu oleh seorang teman.
Putarlah setir ke kiri penuh, gerak-gerakkan setir sedikit ke kiri dan ke kanan.
Lalu putarlah setir ke kanan penuh , gerak-gerakkan setir sedikit ke kiri dan
ke kanan. Jika gerakan-gerakan tersebut terlalu berat itu menandakan kurang
pelumas / gemuk.
3. Untuk perbaikan lebih lanjut, bawalah mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan dari
system kemudi dan dilakukan penyetelan yang benar.
Kesalahan Pada Pengisian Aki
Kapasitas pengisian aki harus sesuai dengan ketentuan dari pabriknya
Kapasitas pengisian aki harus sesuai dengan ketentuan dari pabriknya. Biasanya tertera dalam
tulisan pada pelat sisi atas yang menunjukkan berapa lama waktu yang diperlukan aki untuk
dapat bermuatan penuh dan berfungsi seperti semula. Sehingga pengisian aki harus dilakukan
dengan tepat, jika tidak maka akan terjadi kerusakan seperti berikut ini :
1. Overcharging (pengisian berlebihan).
Aki yang diisi secara berlebihan akan mengalami kondisi yang bernama
overcharging. Jika terlalu sering overcharging maka dapat mengakibatkan
elektroda menjadi panas dan menjadi bengkok. Untuk mengatasinya gantilah
elektrolit aki dengan larutan yang baru kemudian lakukan pengisian ulang /
recharging.
2. Undercharging (pengisian kurang)
Aki yang kurang dalam pengisiannya akan mengakibatkan keadaan yang
disebut undercharging. Hal itu bisa menyebabkan kerusakan seperti :
•
•
•
Kerusakan system pengisian listrik pada alternator dan kabel-
kabelnya.
Terjadi beban yang berlebihan pada aki karena adanya alat listrik
tambahan lain.
Aki bisa rusak dan harus diganti dengan yang baru.
Gangguan Pada System Suspensi dan Kemudi
Kenali penyebab kerusakannya agar segera bisa menentukan antisipasinya
Sistem kemudi dan suspensi bekerja dalam satu hubungan. Biasanya jika salah satu komponen
mengalami gangguan bisa menyebabkan komponen lain dalam satu system tidak berfungsi
maksimal. Dengan mengenali gangguan pada system suspensi dan kemudi, Anda bisa langsung
mengetahui penyebab kerusakan dan segera mengantisipasinya dengan membawa kendaraan
ke bengkel. Gangguan apa saja yang biasa terjadi pada system suspensi dan kemudi ?
Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Setir sulit digerakkan. Kemungkinan penyebabnya :
- Terjadi kerusakan pada power steering sehingga tidak
bekerja dengan normal
- Tekanan ban terlalu rendah.
- Terjadi gesekan pada roda gigi pengarah, batang-batang
penghubung system pengarah, ball joint.
- Roda-roda depan membentuk sudut caster positif terlalu
besar.
- Pegas suspensi sudah terlalu lentur, dll
2. Jarak pergeseran setir terlalu besar dan kendaraan cenderung berbelok
saat berjalan sehingga pengemudi harus berusaha menjaga arah kendaraan.
Hal ini disebabkan karena terjadi kelonggaran pada system roda gigi
pengarah, batang-batang penghubung, pegas daun, dan ball joint. Bisa juga
karena bantalan roda sudah aus.
3. Kendaraan cenderung berbelok ke satu sisi. Hal ini terjadi karena tekanan
ban yang tidak sama serta sudut-sudut penyetelan roda yang tidak tepat.
4. Gangguan pada setir seperti setir berputar sendiri dengan tiba-tiba atau
setir susah kembali ke posisi semula setelah melakukan pembelokan.
5. Terjadi getaran / goyangan yang berlebihan saat kendaraan berbelok.
6. Keausan ban terjadi terlalu cepat.
Cara Praktis Membersihkan Kendaraan
Ada baiknya Anda sempatkan membersihkan debu dan kotoran lain pada kendaraan setiap
pagi
Membersihkan kendaraan dengan mencucinya biasanya tidak dilakukan setiap hari melainkan
seminggu sekali atau jika kendaraan memang sudah dalam keadaan kotor sekali. Ada baiknya
Anda sempatkan membersihkan debu dan kotoran lain pada kendaraan setiap pagi sebelum
Anda berangkat beraktifitas. Disamping itu membersihkan kendaraan berarti juga menjaga
agar cat kendaraan tetap bersinar dan mencegah terjadinya karat pada bagian-bagian
tertentu. Berikut ini caranya :
• Apabila kendaraan dalam keadaan kering, maka bersihkanlah debu yang melekat dengan
kemoceng (yang terbuat dari bulu-bulu ayam) atau lap kering yang bersih dari bahan yang
tidak menggores. Hati-hati dalam menggunakan lap kering, apalagi jika membersihkannya
dilakukan dengan tekanan tangan bisa-bisa permukaan tergores oleh debu yang berpasir.
• Apabila kotoran susah dihilangkan, maka gunakanlah lap basah yang bersih dari bahan yang
tidak menggores.
• Jangan lupa bersihkan juga kaca depan, cermin-cermin spion, kaca lampu-lampu besar agar
tidak buram karena debu. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan pembersih kaca mobil.
Bersihkan juga penyeka kacanya (wiper) dari debu dan kotoran yang melekat dengan lap
basah.
Mengapa Setir Sukar Digerakkan ?
Waspadai kerusakan pada setir atau sistem kemudi
Sistem kemudi atau setir mempunyai peran yang sangat penting dalam mengemudi. Jika
terjadi kelainan dan kerusakan apapun bentuknya maka perlu diwaspadai. Salah satunya pada
waktu kendaraan sedang dijalankan, setir sukar digerakkan alias terlalu berat untuk
digerakkan. Anda perlu mengetahui penyebabnya sekaligus melakukan pemeriksaan untuk
mengetahui dimana letak kerusakannya :
1. Periksa bagian ban depan :
• Apakah tekanan ban depan terlalu rendah
• Apakah kelurusan roda depan kurang tepat
2. Periksalah apakah terjadi kekurangan minyak pelumas dalam bak roda gigi setir atau
kekurangan gemuk pada sambungan – sambungan batang setir atau bantalan-bantalan roda
depan.
• Dongkraklah kendaraan sedemikian rupa sehingga kedua roda depan dalam
keadaan menggantung.
• Periksalah apakah sambungan-sambungan dan sekrup-sekrup dari system
kemudi cukup kokoh. Bagian-bagian yang perlu diperiksa adalah ball joints /
suspensi depan, ujung dan pangkal batang pengikat (tie rod).
• Cara mengecek kerusakannya Anda perlu dibantu oleh seorang teman.
Putarlah setir ke kiri penuh, gerak-gerakkan setir sedikit ke kiri dan ke kanan.
Lalu putarlah setir ke kanan penuh , gerak-gerakkan setir sedikit ke kiri dan
ke kanan. Jika gerakan-gerakan tersebut terlalu berat itu menandakan kurang
pelumas / gemuk.
3. Untuk perbaikan lebih lanjut, bawalah mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan dari
system kemudi dan dilakukan penyetelan yang benar.
Tips Perawatan Mobil Sendiri
Secara tidak langsung Anda akan menghemat biaya ke bengkel, tapi cermati kiatnya sebelum beraksi
Jika Anda mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai mesin mobil dan Anda hobby mengutak–atik
mesin mobil maka tidak ada salahnya Anda melakukan perawatan dan perbaikan mobil Anda sendiri.
Disamping menimbulkan kesenangan karena hobby, secara tidak langsung Anda akan menghemat biaya
ke bengkel. Namun sebelumnya perhatikan tips berikut ini :
• Belilah peralatan yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lakukan.
Jangan tergoda membeli seperangkat peralatan yang mahal, namun ternyata di
kemudian hari peralatan itu justru malah tidak berguna.
• Untuk membeli oderdil, belilah onderdil yang bermutu, tahan lama dan dapat
diandalkan. Usahakan dapatkan potongan harga alias diskon. Jangan membeli onderdil
yang murah namun tidak berkualitas. Anda hanya akan memperpendek umur kendaraan
Anda.
• Lakukan pekerjaan perawatan secara tuntas. Periksalah bagian-bagian yang
berhubungan dalam satu kali sesi perawatan. Misalnya, memeriksa bagian kelistrikan,
cek seluruh bagian yang berhubungan dengan system kelistrikan seperti lampu, kabel,
aki, alternator dll.
• Lakukan pekerjaan perawatan mobil sebagai pekerjaan rutin yang menjadi suatu
kebiasaan yang baik. Karena mobil yang terawat akan jarang mengalami kerusakan dan
umur pakainya lebih panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar