Powered By Blogger

Jumat, 17 Juni 2011

fenugrek meningkatkan ASI


Di Indonesia kita mengenal daun katuk sebagai bahan untuk meningkatkan produksi ASI, dan saat ini sudah tersedia dalam bentuk kapsul di toko obat atau apotik. Selain daun katuk ada herbal lain yang diketahui bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI, yaitu Fenugreek.

Fenugreek banyak tumbuh di daratan Eropa, India, Maroko, Mesir dan Inggris. Pohon Febugreek bisa tumbuh sampai dua kaki dan biasanya akan berbunga saat musim panas dan mempunyai aroma yang khas.Fenugreek sudah dipakai sebagai bahan obat dan juga sebagai bumbu masakan sejak jaman Yunani dan Mesir.

Bagaimana fenugreek meningkatkan produksi ASI ?

Biji Fenugreek mengandung prekursor hormon yang mampu menstimulasi kelenjar keringat, sedangkan kelenjar payudara merupakan modifikasi dari kelenjar keringat. Efek peningkatan produksi ASI bisa dirasakan setelah 24 sampai 72 jam mengkonsumsi fenugreek, dan setelah produksi ASI dirasakan cukup ibu bisa menghentikan mengkonsumsi Fenugreek. Setelah tidak mengkonsumsi fenugreek, produksi ASI yang cukup bisa dipertahankan melalui kegiatan menyusui.

Saat ini sedian Fenugreek ada bermacam-macam seperti kapsul atau bisa berupa teh, tapi perlu diketahui teh fenugreek rasanya agak pahit.

Jika ibu memutuskan untuk mencoba mengkonsumsi biji fenugreek perlu diperhatikan bahwa fenugreek bisa memicu asthma pada orang yang sensitif dan bisa menyebabkan penurunan gula darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar