Powered By Blogger

Jumat, 17 Juni 2011

bahaya konsumsi vit C berlebihan


Vitamin C (asam askorbat) merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Menurut mayoclinic, vitamin C adalah vitamin larut air yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang normal. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi(fe). Karena tubuh tidak mampu memproduksi dan menyimpan vitamin C, maka sangat penting untuk mengkonsumsi vitamin C setiap hari.

Ada begitu banyak sumber vitamin C yang bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Bagi kebanyakan orang, segelas kecil jus jeruk dengan strawberry dan brokoli sudah cukup untuk memenuhi asupan vitamin C setiap hari. Untuk orang dewasa, batas aman yang direkomendasikan untuk asupan vitamin C adalah 2000 miligram (mg) per hari.

Jika sumber vitamin C berasal dari bahan alami/dari makanan yang dikonsumsi maka jika dikonsumsi terlalu banyak tidak akan membehayakan tubuh, karena akan dibuang melalui air seni/urin.

Namun, jika asupan vitamin C diperoleh dari suplemen vitamin C, terutama dalam dosis tinggi, dapat membahayakan tubuh. Beberapa dampak konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi adalah :

- Diare
- Mual
- Muntah
- Nyeri ulu hati
- Kram pada perut
- Sakit kepala
- Insomnia
- Batu ginjal

Jika Anda mengalami keluhan diatas maka Anda harus menyesuaikan dosis suplemen vitamin C yang Anda konsumsi, dan cobalah untuk minum air lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar