Powered By Blogger

Jumat, 17 Juni 2011

Dampak Bahaya Dehidrasi Setelah Bercinta

Dampak Bahaya Dehidrasi Setelah Bercinta - Bercinta sering diasosiasikan sebagai aktivitas yang bisa membakar kalori, di samping olahraga. Seperti dikutip dari So Feminine, melakukan hubungan intim selama 24 menit, sebanyak tiga kali dalam seminggu mengurangi hingga 450 kalori.

Hal ini dikarenakan, bercinta dengan pasangan selama 1,5 jam bisa menghabiskan tenaga seperti saat berlari sepanjang 3 mil. Itulah yang menyebabkan kelelahan setelah bercinta.

Sama seperti olahraga, tubuh juga mengeluarkan banyak keringat saat bercinta, sehingga kehilangan banyak cairan. Jika tidak segera menggantinya, Anda maupun pasangan bisa mengalami dehidrasi.

Gejala yang langsung dirasakan saat seseorang dehidrasi adalah mulut kering, pusing, kejang otot bahkan pingsan. Anda tidak mau kan, aktivitas bercinta yang seharusnya berakhir menyenangkan justru menjadi bencana?

Dr John Leiper, ahli keseimbangan cairan dan hidrasi di Aberdeen University, Inggris mengatakan, banyak orang masih belum tahu bahwa penetrasi seks bisa membuat seseorang kehilangan banyak cairan. Menurut penelitian, hanya dua dari lima orang di Inggris yang minum air setelah bercinta. Oleh karena itu tidak jarang ditemukan kasus pasangan terkena dehidrasi usai berhubungan seks.

"Berkeringat dan terengah-engah merupakan tanda bahwa jantung berdetak lebih cepat. Artinya, tubuh mengalami reaksi yang sama saat bercinta maupun latihan kardiovaskular. Jadi saat bercinta, tubuh bisa saja kehilangan banyak cairan dan kita harus menggantinya untuk mencegah dehidrasi akut," jelas Dr John, seperti dikutip dari BBC News.

Lebih dari itu, jika dehidrasi selalu diabaikan setiap berhubungan seks, bukan tidak mungkin akan menyebabkan terganggunya organ reproduksi. Seperti dikutip dari Intimate Medicine, dehidrasi bisa mengurangi produksi hormon yang mengakibatkan masalah kesuburan. Pada wanita, akan memengaruhi tingkat kelembaban pada Miss V, sehingga kekurangan cairan lubrikasi dan menyebabkan sakit saat bercinta.

Dehidrasi juga berpotensi menurunkan libido. Sebuah penelitian di Prancis menunjukkan, pasangan yang minum banyak air sebelum atau setelah bercinta punya hasrat seksual yang lebih besar dibandingkan orang yang jarang/ tidak pernah minum air.

Cara mencegah dehidrasi, tentu saja dengan meminum minimal satu gelas air setelah bercinta. Jika Anda terlalu lelah mengambil air ke dapur, selalu siapkan satu teko berisi air dan dua gelas di meja kamar. Atau, Anda bisa meminum segelas susu sebelum bercinta sebagai cadangan cairan juga nutrisi bagi tubuh.

Itulah dia Dampak Bahaya Dehidrasi Setelah Bercinta. Semoga bermanfaat buat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar