Powered By Blogger

Jumat, 03 Juni 2011

Internet

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran dari jenis jaringan komputer di seluruh dunia mulai dan sebuah personal komputer (PC). Jaringan - jaringan lokal bersekala kecil, jaringan-jaringan kelas menengah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet. Jaringa-jaringan komputer ini saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain lewat suatu aturan umum yang disebut protokol, Internet protokol (IP) dan Tranmission Control Protokol (TCP). sehingga setiap pemakai yang bergabung dengan internet dapat saling mengakses semua layanan yang disediakan oleh jaringan lainnya. dalam bentuk pertukaran data lateral, citra maupun suara. Hal ini dapat dilakukan secara langsung seketika itu juga dan dalam dua arah

Asal mula internet dimulai tahun 1970-in dengan dibentuknya suatu jaringan komputer oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) untuk membangun sebuah sistem jaringan komputer yang menghubungkan semua tempat strategis di seluruh Amerika. Jaringan tersebut dinamakan ARPANet (Advanced Research Project Agency). ARPANet semula dirancang untuk menemukan jaringan komputer yang handal yang perkembangannya menggunakan protokol standar TCP/IP.

Jaringan komputer adalah gabungan dan berbagai perlengkapan komunikasi dan komputer yang dihubungkan satu sama lain lewat suatu medium komunikasi sedemikian, sehingga semua pemakai jaringan dapat saling berkomunikasi secara elektronik. Jaringan komputer tersebut dapat berupa LAN dan WAN. Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer dimana computer - komputer dihubungkan secara langsung dengan tipe kabel tertentu. Jika LAN — Lan ini dihubungkan kedalam sebuah jaringan komputer yang lebih besar. dapat di sebut sebagai Wide Area Network (WAN). Kebanyakan WAN dihubungkan melalui jalur komunikasi khusus. seperti telepon atau sambungan satelit. Gambaran jaringan komputer seperti internet adalah LAN — LAN yang terhubung melalui jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang di sebut sebagai tulang punggung (back bone). dan membentuk WAN yang meliputi seluruh organisasi. Secara teknis LAN-LAN dan WAN-WAN terhubung satu sama lain menggunakan sebuah komputer yang disebut router . Tugas router adalah menyediakan hubungan antara satu jaringan komputer dan jaringan komputer yang lain.

Fasilitas Internet
Software yang mendukung internet menyediakan banak pelayanan teknis. Pelaanan yang paling utama dan paling penting untuk di ketahui Anda adalah electronic mail, yaitu pelayanan untuk mengirim dan menerima pesan-pesan. Setiap pesan dapat dikirim dari suatu sistem ke sistem yang lain. Di belakang layar pelayanan mail ini memastikan bahwa pesan-pesan dikirim dan ditenma secara lengkap pada alamat yang benar.
Pelayanan Telnet, yaitu pelayanan yang memberikan kesempatan untuk menghubungi sistem komputer yang terdapat di tempat yang jauh. Sebagai contoh. kita menggunakan telnet untuk menghubungi sebuah host di negara lain (Host Remote). Hal ini memerlukan usemame dan password yang sah untuk login ke host tersebut. Pelayanan File Transper Protokol (FTP), yaitu pelayanan yang memberikan kesempatan untuk mentransfer file dan suatu sistem ke sistem lain. Atau di sebut juga dengan proses Download. Fasilitas FTP dapat juga mentransfer file dan host lokal ke host remote, yang di sebut sebagai proses Upload.
Selain tiga komponen utama tersebut, ada sistem baru yang kian berkembang teknologinya dan semakin banyak jumlah pemakainva. Sistem ini menggunakan tampilan grafik (Window) sehingga dapat memberikan lavanan yang sangat prima. Tampilan yang diberikan bukan hanva teks melainkan juga gambar dan suara dengan mutu yang bagus karena didukung oleh warna dan resolusi yang tinggi. Sistem tersebut dikenal dengan World Wide Web (WWW) dengan pirantinva (Web Browser).

Menghubungi Internet
Hubungan ke internet dapat dilakukan dengan beberapa macam cara. yaitu:
Hubungan Lewat Gateway, hubungan ke internet lewat suatu pintu gerbang. baik ke luar maupun ke dalam. Hubungan ini banyak digunakan dalam organisasi yang mempunyai aringan komputer sendiri dan menghubungkannya lewat internet melalui satu atau beberapa komputer yang bertindak sebagai pintu gerbang ke internet.
Hubungan Permanen (Leased Line), adalah hubungan ke internet secara langsung dan permanen. Menggunakan jalur telepon khusus, yaitu jalur telepon yang selalu terhubung.
Hubungan Sementara (Dial-Up) dengan SLIP/PPP, adalah seperti hubungan telepon. hanya membayar jika ada hubungan ke internet saja. Hubungan mi lebih banyak dipakai oleh pelanggan rumah

Alamat Dalam Internet
Setiap pemakai yang bergabung dengan internet mempunyai alamat elektronik yang khas. Alamat elektronik seseorang dalam internet mengikuti format umum, yaitu UserName pemakai diikuti karakter @ (Dibaca ET) dan diikuti dengan Domain, atau UserNamedomain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar