Powered By Blogger

Jumat, 03 Juni 2011

Internet adalah jaringan luas (global) dari komputer yang lazim disebut worldwide network. Dengan internet kita bisa mendapatkan berjuta-juta informasi mulai dari berita, bisnis, science, teknologi, hiburan dan lain-lain. Sebagai sarana komunikasi, kita bisa menggunakan E-Mail, chatting, bahkan kita bisa berkomunikasi secara antar muka (face to face meeting) dengan video. Singkatnya internet merupakan sumber informasi dan alat komunikasi.

JARINGAN KOMPUTER
Yang dimaksud dengan jaringan adalah beberapa komputer yang saling terhubung dan dapat bertukar data atau informasi. Tujuan dibangunya suatu jaringan komputer adalah untuk membawa data atau informasi dari sisi pengirim menuju penerima secara cepat dan tepat tanpa adanya kesalahan melalui media transmisi atau media komunikasi tertentu. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lainnya, dan saling berbagi sumber daya misalnya printer, CDROM, pertukaran file atau untuk sasling berkomunikasi secara elektronik. Media yang mungkin dapat digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lain adalah: Kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit atau sinar infra merah.

JENIS-JENIS JARINGAN
Ada tiga macam jenis jaringan/Network yaitu :1. LAN ( Local Area Network)/ Jaringan area lokal
LAN merupakan sebuah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa unit komputer yang dihubungkan dengan perangkat keras NIC (Network Interface Card) atau yang sering juga disebut dengan LAN Card ( Local Areal Network Card), serta menggunakan kabel BNC atau kabel UTP.
Jaringan LAN dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi area lingkungan seperti are sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 Km persegi.

2. MAN (Metropolitan Area Network)/ Jaringan Area Metropolitan
Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Jawa Timur.

3. WAN (Wide Area Network)/ Jaringan Area Skala Besar
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya lebih luas dari jaringan MAN, biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Dengan sarana jaringan WAN, sebuah Bank yang ada di Surabaya bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong hanya dalam beberapa menit saja. Untuk membangun jaringan WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar