Powered By Blogger

Jumat, 03 Juni 2011

KEGIATAN 50 TAHUN KARANG TARUNA

26 September 2010 yang lalu, usia karang taruna genap 50 tahun. Di ulang tahun emas karang taruna ini, karang taruna kabupaten sidoarjo menggelar berbagai kegiatan baik yang bersifat sosial, keagamaan, ketrampilan, Peningkatan SDM, olah raga, keorganisasian dan kreasi seni. Dalam peringatan HUT karang taruna ke 50 tahun ini, kami mengambil tema “ Membangun Geneasi Bangsa yang Peduli, Ikhlash dan bermartabat “.
Di bidang sosial keagamaan, karang taruna telah melaksanakan kegiatan Buka Puasa Bersama anak yatim, yang dipusatkan di desa bligo, kecamatan candi sidoarjo, dalam kegiatan tersebut Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo memberikan santunan kepada 40 anak yatim dan dhu’afa’ yang ada di desa tersebut. Selain memberikan santunan kegiatan ini juga diberikan siraman rohani yang disampaikan oleh Hj. Fikriyah Hanim dari Krembung Sidoarjo. “ Di samping untuk menambah wawasan keagamaan, Kegiatan ini untuk melatih kepekaan sosial teman teman karang taruna, karena dana untuk santunan tidak diambilkan dari kas karang taruna melainkan murni uluran tangan dari teman teman pengurus dan tokoh masyarakat yang menyalurkan shodaqoh melalui karang taruna “ Ujar. Alif, Ketua karang taruna Kabupaten Sidorjo.
Selain itu, karang taruna juga mengadakan kegiatan halal bi halal yang mengundang selurh pengurus desa dan kecamatan se kabupaten sidoarjo, menurut alif, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk tetap menjalin silaturahim antar pengurus,

Peserta halal bi halal mendengarkan mauidoh hasanah
mulai desa sampai kabupaten.dengan demikian bisa terjalin satu komunikasi yang baik antara yang sati dengan yang lain. Dalam halal bi halal 1431 H, Karang taruna mengambil tema “ Dengan Halal bi halal dan semangat 50 tahun karang taruna, kita eratkan kembali tali silaturrahim dengan saling menghormati demi kejayaan karang taruna hari ini dan nanti”. Tema ini mengandung makna bahwa hanya dengan saling menghormati kita bisa saling mengerti, kalau sudah mengerti kita akan bisa saling mendukung tugas yang satu dengan yang lain. Kepengurusan diibaratkann sebagai anggota tubuh yang harus saling membantu satu dengan yang lain,dalam sambutannya ketua karang taruna kab. Sidoarjo menyampaikan bahwa jika tangan kanan yang mempunyai tugas memasukkan nutrisi kedalam tubuh sakit karna keseleo, maka tangan kiri harus langsung sigap menggantikan peran tangan kanan menyuapkan nasi ke dalam tubuh, secara etika memang tidak baik, tapi dalam kondisi tertentu itu bis dilakukan kalau di butuhkn, yang penting tubuh tetap harus kuat dengan nutrisi yang kita makan. Pun demikian dengan organisasi, masing masing pengurus sudah mempunyai job discription sendiri sendiri, tapi jika suatu saat sekretaris dan para wakil sekretaris berhalangan, tidak salah peran di ambil alih oleh pengurus yang lain, yang penting hajat organisasi tetap bisa berjalan.
Selain dibidang sosial keagamaan tersebut diatas, karang taruna juga melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan dalam bentuk kemah bhakti karang taruna yang telah dilaksanakan di desa kedung sugo kecamatan
Peserta kemah bhakti sedang melaksanakan senam pagi
Prambon. Dalam kegiatan tersebut selain memberikan hiburan pada masyarakat dengan kreasi seni yang di tampilkan oleh perwakilan masing-masing kecamatan, karang taruna juga melaksanakan jalan sehat dengan seluruh warga desa kedung sugo, dilanjutkan dengan donor darah dan kerja bhakti membersihkan makam desa kedung sugo. “ Alhamdulillah antusias masyarakat kedung sugo cukup baik, hampir seluruh masyarakat ikut serta dalam jalan sehat dengan hadiah utama satu buah sepeda ini “ tutur alif.
Kegiatan Kemah bhakti ini di Buka oleh . Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa keberadaan karang taruna telah memiliki berbagai ketentuan yang dapat digunakan sebagai landasan operasional. Ketentuan tersebut antara lain ; ketetapan mpr nomor : ii/mpr/1983 yang menetapkan karang taruna sebagai salah satu wadah pengembangan generasi muda, disamping knpi, pramuka dan lain lain.
Keputusan menteri sosial republik indonesia nomor : 13/huk/kep/i/1981 tentang susunan organisasi dan tata kerja karang taruna, keputusan menteri sosial ri nomor : 11/huk/1988 tentang pedoman dasar karang taruna dan telah dirubah dengan peraturan menteri sosial nomor : 83/huk tahun 2005 tentang pedoman dasar karang taruna. Selain peraturan menteri tersebut di atas, keberadaan karang taruna juga diatur dalam undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah yang telah di atur secara teknis dalam peraturan pemerintah nomor 72 tentang desa dan peratuan menteri dalam negeri nomor 5 tahunn 2007 tentang penataan lembaga sosial kemasyarakatan yang didalamnya termasuk karang taruna. Pada intinya semua peraturan tersebut diatas, menjelaskan kewajiban pemerintah daerah untuk memberikan pembinaan terhadap karang taruna termasuk memberikan dukungan anggaran untuk kegiatan kegiatan karang taruna. Untuk itu tidak salah kalau selama ini pemerintah kabupaten sidoarjo telah memberikan bantuan danah hibah kepada karang taruna. Selama pengurus dan anggota karang taruna tetap aktif dan kreatif serta inofatif dalam menyelenggarakan kegiatan, insyaallah pemerintah daerah bersama dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten sidoarjo akan selalu memberikan dukungan anggaran terhadap karang taruna.
Dalam kegiatan ini Panitia juga menilai kekompakan peserta dari masing-masing kecamatan selain juga dilihat dari keindahan tenda. Terilih sebagai peserta terbaik I karang taruna Kecamatan Candi, Terbaik II karang taruna kecamatan Krian dan terbaik III karang taruna kecamatan Tulangan.

Di bidang Ketrampilan Karang Truna telah mengadakan Pelatihan Pupuk organik, yang diadakan di desa Randegan kecamatan Tanggulangin, dalam kegiatann ini karang taruna bekerja sama dengan CV Dunia Tani Tanggulangin. Kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan dari masing-masing kecamatan. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan peserta dapat memahami dan mengerti bagaimana cara pembuatann pupuk organik, sehingga bisa dipraktekan di daerahnya masing-masing.


Suasana outbond di trawas

Dibidang Peningkatan SDM, karang taruna telah mengadakan outbond training. Dengan kegiatan ini diharapkan peserta dapat memperoleh ilmu manajemen kepemimpinan dan dapat meningkatkan kekompokan dalam kepengurusan karang taruna. Acara Outbond ini dirangkai dengan malam renungan 50 tahun karang taruna dan dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Karang taruna ke 50, tepat pada tanggal 26 September 2010 yang lalu. Dalam kegiatan outbond training ini, karang taruna bekerjasama dengan Metro Media Manajemen pimpinan DR. Didit Darmawan penulis buku Manajemen Nyamuk.

Di bidang Olah raga, karang taruna kabupaten sidoarjo, akan mengadakan Turnament Futsal dan bola volly antar karang taruna kecamatan se-kabupaten Sidoarjo. Turnament Futsal akan dimulai pada tanggal 1 Juni – 3 Juni 2010 di Lapangan GOR serbaguna, sedang Turnamment Bola volly akan dimulai pada tanggal 12 November 2010 di desa Beciro ngengor Kecamatan Wonoayu. Kegiatan ini bertujuan mencari bakat bakat muda dari karang taruna yang akan diseleksi dan menjadi tim dari karang taruna Kabupaten Sidoarjo.

Di bidang keorganisasian, Karang Taruna secara rutin setiap tahun mengadakan Lomba Karang Taruna Berprestasi tingkat Kabupaten Sidoarjo. Dalam kegiatan ini yang menjadi peniaian adalah, manajemen kesekretariatan, manajemen keuangan, dan seberapa besar paeran karang taruna dalam upaya pengurangan pengangguran melalui kegiatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Dintara sekian banyak kreteria penilaian, yang memiliki nilai tertinggi adalah nilai untuk KUBE. Disamping itu juga sebagai nilai pendukung adalah seberapa besar dukungan pemeintah desa tersebut terhadap karang taruna. Hal ini bisa dilihat dari berapa alokasi anggaran karang taruna yang sudah di anggarkan melalui APBDes. Pada tahun 2009 kemarin sebagai Juara I Karang Taruna Desa Sudimoro Tulngan, Juara II Karang Taruna Desa Ketegan tanggulangin dan Juara III Karang Taruna Desa Jimbaran Kulon Wonoayu. Dalam seleksi Tingkat Propinsi, Karang Taruna Desa Sudimoro menjadi Juara V se Propinsi Jawa timur. “ Prestasi ini tetap harus kita syukuri, dengan kegiatan ini minimal ada motivasi tersendiri dari teman teman untuk selalu berkreasi dan berinovasi dalam setia kegiatan, karna karang taruna harus kreatif dan inovatif “ kata Alif.
Untuk tahun 2010 ini seleksi tingkat kabupaten akan diadakan mulai tanggal 21 November 2010, dan pemenangnya akan mewakili sidoarjo pada seleksi tingkat propinsi tahu 2011 nanti.

Sebagai penutup seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang tahun Emas Karang Taruna ini, akan diadakan malam resepsi Hai Ulang Tahun ke 50 yang akan di adakan pada tanggal 26 Desember 2010. Dalam acara ini, selain akan menampilkan kreasi seni dari teman teman karang taruna, juga akan diadakan Anugrah karang Taruna Award 2010. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi seluruh pengurus dan anggota dan semua pihak untuk bisa berperan aktif dalam karang taruna. Kategori dalam karang taruna award 2010 ini adalah, Pengurus Karang Taruna teraktif, karang taruna kecamatan terbaik, tokoh masyarakat paling peduli, camat paling peduli, kepala desa paling peduli, dan juga akanmemberikan penghargaan khusus kepada Bapak Bupati sidoarjo dan Dewan Perwakilan Rakyat Sidoarjo karna selama ini telah memberikan dukungan anggaran melalui APBD kepada karang Taruna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar